Hadir di Indonesia, Nokia G20 Bawa Baterai Jumbo 5.050 mAh

IdeaBox.co.id — Selepas diperkenalkan secara global pada bulan April 2021 lalu, kini Nokia G20 telah secara resmi tersedia di pasar Indonesia.

Kabar ini pun turut dikonfirmasi melalui pengumuman yang dibuat oleh akun Instagram resmi Nokia Indonesia di @nokiamobileid.

Tersedia secara online melalui kanal Nokia.com, Tokopedia, dan Eraspace mulai hari ini, apa daya tarik yang dibawa Nokia G20? Simak spesifikasi lengkap dan harganya berikut ini:

Spesifikasi Nokia G20

Nokia G20 hadir mengusung layar IPS LCD berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD Plus (720 x 1600 px) dan rasio 20:9. Dimensinya 164,9 x 76 x 9,2mm dengan bobot total 197 gram.

Di bagian atas layarnya, terdapat poni kecil dengan desain water drop atau yang biasa Nokia sebut V-notch sebagai tempat kamera depannya yang beresolusi 8MP.

Desain kamera depan seperti ini memang lazim ditemukan di ponsel-ponsel entry-level hingga mid-range, meski beberapa di antaranya banyak juga yang sudah mengusung desain punch hole.

Sementara itu, di bagian belakangnya, Nokia G20 mengusung quad-camera. Yang mana keempatnya tersusun secara simetris dalam penampang berbentuk lingkaran yang terlihat modern.

Beberapa smartphone terkenal lainnya sebelumnya sudah mengusung desain kamera belakang serupa, sebut saja Poco X3 Pro.

Hal menarik lainnya dari segi kamera Nokia G20 adalah spesifikasi kamera utamanya yang memiliki resolusi 48MP dengan bukaan f/1.8 (wide). Lensa utamanya tersebut juga telah dilengkapi oleh fitur PDAF yang diklaim Nokia mampu merekam video dengan OZO audio.

Sementara itu, tiga lensa lainnya terbilang masih standar. Yaitu lensa ultrawide 5MP, lensa macro 2MP, dan lensa kedalaman 2MP.

Beralih ke sektor dapur pacunya, Nokia G20 menggunakan SoC MediaTek Helio G35 (12nm) dengan perpaduan GPU PowerVR GE8320. Tidak ada yang spesial dari prosesor lama ini, karena sejak dulu memang sudah menjadi andalan smartphone kelas entry-level.

Selanjutnya, untuk melengkapi formasi tersebut, Nokia G20 mengandalkan RAM 4GB dan ROM 64Gb yang bisa diperluas hingga 512GB menggunakan kartu memori microSD.

Sementara sistem operasi yang digunakannya adalah Android 11 dengan pembaruan software hingga tiga tahun ke depan.

Satu keunggulaan Nokia G20 yang dibangga-banggakan adalah kapasitas baterai jumbonya yang mencapai 5.050 mAh dengan fitur fast charging 10 Watt. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, HP 2 jutaan ini dikatakan mampu bertahan hingga 3 hari.

Konektor yang digunakannya juga sudah menggunakan teknologi USB Type-C. Meski begitu, mungkin perlu waktu cukup lama juga untuk mengisi daya baterainya sampai penuh mengingat kemampuan fast charging yang dimilikinya hanya mencapai 10 Watt.

Beberapa spesifikasi lainnya mencakup Face Unlock, jack audio 3,5mm, Bluetooth 5.0, NFC, dan dual-SIM nano slots.

Di pasar Indonesia, calon konsumen bisa memilih dua varian Nokia G20 yang tersedia, yaitu Glacier dan Night.

Harga Nokia G20

Nokia G20 dibanderol dengan harga Rp2.499.000 di Indonesia. Smartphone NFC terbaru Nokia ini bisa didapatkan secara online baik melalui situs resmi Nokia maupun toko resmi di marketplace terkait.

Kemudian dalam rangka penjualan perdana, Nokia juga mengadakan promo pembelian Nokia G20. Promo ini berlangsung mulai hari ini, tanggal 9 sampai 15 Agustus 2021.

100 pembeli pertama akan mendapatkan bonus Google Nest Mini senilai Rp799.000 dan juga kartu SIM Telkomsel bundling Max yang bisa diaktifkan hingga 22 Maret 2022.

Dapatkan berita dan artikel terbaru terkait dunia teknologi dengan cara mengikuti IdeaBox di Google Berita.

Muhammad Anas

Lulusan terbaik jurusan RPL di SMK. Gemar ngopi dan baca. Penggiat dunia teknologi. Main game dari waktu ke waktu.

Artikel Terkait

Spek Super Canggih, Berikut 5 HP Realme NFC Terbaik

Spek Super Canggih, Berikut 5 HP Realme NFC Terbaik

News • Diperbarui 10 Agustus 2021, 20:14 WIB

Tinggalkan komentar